Mengatasi Plafon Bocor di unit Apartemen

Plafon yang bocor dapat menyebabkan kerusakan serius pada rumah Anda jika tidak segera ditangani.Cara memperbaiki kebocoran plafon apartemen – berikut ini panduan langkah demi langkah:

 

1. Periksa Sumber Kebocoran

Periksa apakah ada sumber kebocoran yang jelas. Di plafon seringkali kita menemukan ada banyak lumut, noda kekuningan, rembesan air, karena usia atap atau lantai yang sudah tua, retak, terbuka, atau tergenang dalam waktu yang lama. Untuk apartemen, jika terjadi kebocoran di plafon, biasanya berasal dari toilet atau drainase unit apartemen di lantai atas yang telah bocor atau rusak. Dan juga termasuk pipa yang rusak atau kebocoran dari atap atau dinding. 

2. Mencegah rembesan air

Sebaiknya letakkan ember di bawah kebocoran untuk menampung air yang menetes, serta air yang mungkin keluar setelah Anda mulai mengeringkannya. Dengan cara ini, lantai Anda akan terlindungi dari kerusakan air. Anda juga bisa meletakkan kain lap atau terpal di bawah kebocoran. Meletakkan kain lap atau terpal plastik di bawah ember akan mencegah lantai dan furnitur Anda basah. Jika air terus menumpuk di plafon, itu dapat menyebabkan lubang besar atau bahkan runtuhnya plafon.

3. Memperbaiki Plafon Bocor

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencoba memperbaiki plafon yang bocor di apartemen.Salah satu pilihan adalah menggunakan sealant atau mendempul untuk sementara menambal lubang.Jika kebocorannya kecil, Anda mungkin bisa memperbaikinya dengan selotip.Jika kebocorannya lebih besar, Anda harus memanggil seorang profesional.Ada beberapa cara untuk memperbaiki atap atau plafon, tergantung dari jenis kebocorannya.Anda mungkin perlu mengganti seluruh atap atau plafon, memasang insulasi baru, atau memperbaiki material yang ada.

 

1) Coba gunakan dempul atau sealant: Dempul dan sealant adalah dua solusi umum untuk memperbaiki kebocoran di plafon. Mereka bekerja dengan menghentikan air agar tidak bocor melalui celah-celah di plafon dan masuk ke apartemen Anda.Untuk menggunakan dempul atau sealant, pertama bersihkan tumpahan yang mungkin terjadi.Kemudian, gunakan pistol mendempul atau tabung sealant untuk mengoleskan lapisan tipis perekat ke celah tempat air bocor.Pastikan untuk menutupi semua sisi retakan agar tidak ada air yang masuk ke dalam apartemen Anda.Dempul dan sealant membutuhkan waktu beberapa jam untuk benar-benar kering, jadi tunggu sampai saat itu sebelum memindahkan apa pun di dalam ruangan Anda.

2) Gunakan kit perbaikan:Jika dempul atau sealant tidak bekerja cukup baik untuk menghentikan kebocoran, Anda mungkin perlu menggunakan kit perbaikan.Kit perbaikan berisi berbagai peralatan yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kebocoran kecil di plafon tanpa harus merobohkan seluruh panel plafon Anda.Kit perbaikan biasanya mudah digunakan – cukup ikuti instruksi yang menyertainya – dan biasanya hanya memerlukan beberapa keterampilan dasar DIY (seperti mengebor).

3) Hubungi tukang ledeng: Jika memperbaiki plafon Anda sendiri sepertinya bukan pilihan atau jika ada terlalu banyak kerusakan yang dilakukan oleh kebocoran untuk perbaikan sederhana untuk bekerja, Anda harus memanggil tukang ledeng sebagai gantinya.

 

Jika anda kurang memahami dan tidak memiliki waktu untuk memperbaiki plafon apartemen anda, segera hubungi pihak apartemen. Laporkan bahwa ada kebocoran di plafon apartemen anda. Ada baiknya untuk mengirimkan foto atau video plafon yang mengalami kebocoran agar teknisi dapat menganalisa apa penyebab kebocoran.

 

Mencari apartemen? Kondoku memberikan pilihan apartemen siap huni! Sewa Apartemen di Kondoku sekarang.