Tips menghindari penipuan sewa apartemen bagi calon penyewa

Mencari hunian idaman sebagai calon penyewa harusnya menyenangkan dan menarik, namun penipuan yang sering terjadi dapat membuat hal ini menjadi pengalaman yang buruk bagi sebagian orang. Meskipun kebanyakan dari iklan properti dapat dipercaya, sangat penting bagi penyewa untuk belajar mengidentifikasi dan bagaimana menghindari iklan palsu yang merujuk pada penipuan sewa apartemen.

 

Berikut ini tips bagi calon penyewa untuk menghindari modus penipuan menyewa apartemen:

Bagaimana proses penipuan sewa apartemen?

Penipuan sewa apartemen terjadi ketika seseorang mengaku sebagai agen properti atau pemilik, mencoba menyewakan apartemen yang pada dasarnya tidak ada atau berbeda dari yang diiklankan.

Penipu mencoba mengumpulkan formulir atau data calon penyewa, jaminan deposit atau uang sewa sebelum calon penyewa sadar bawa mereka sedang di tipu. Dalam proses mencari hunian, calon penyewa biasanya memberikan informasi pribadi dan diharuskan membayar uang jaminan di depan. Akses terhadap data tersebut sangat mudah menarik perhatian penipuan, maka dari itu calon penyewa harus melakukan verifikasi sebelum menyewa apartemen. 

 

Penipuan sewa apartemen yang sering terjadi

Cara terbaik untuk menghindari penipuan ketika menyewa apartemen adalah dengan mengetahui penipuan sewa apartemen apa saja yang sering terjadi.

  • Penipuan dengan mengiklankan apartemen yang berbeda dengan unit apartemen yang sebenarnya, sehingga penipu dapat mengumpulkan data calon penyewa bahkan sampai membuat calon penyewa menyetujui kontrak sewa.
  • Penipuan dengan membuat iklan palsu, unit apartemen tersebut tidak ada atau tidak untuk disewakan, penipu menarik perhatian calon penyewa dengan memberikan harga dibawah pasaran. 
  • Penipuan sebagai pemilik rumah kemudian memposting iklan untuk properti yang benar ada namun mengubah kontak informasi. Penipuan ini biasanya rumah untuk dijual di posting kembali sebagai rumah disewakan.
  • Penipuan dengan modus telah disewakan. Pemilik maupun penipu berkedok pemilik mencoba mengumpulkan informasi calon penyewa atau jaminan deposit untuk sewa apartemen yang ternyata telah disewakan.

 

Perlu diketahui bahwa kebanyakan penipu menggunakan iklan asli namun diubah oleh para penipu, hal ini membuat calon penyewa sulit mengetahui adanya penipuan.

Berikut ini tips menghindari penipuan sewa apartemen bagi calon penyewa:

  • Apabila iklan yang anda lihat tidak memiliki alamat atau foto yang jelas, ada kemungkinan itu penipuan. Kalau iklan tersebut memiliki alamat yang jelas, anda dapat melakukan verifikasi melalui google street view. Cara lain untuk melakukan pengecekan yaitu dengan mencari iklan yang anda lihat di platform sewa apartemen lainnya. Jika anda menemukan iklan yang sama di berbagai situs sewa apartemen, pastikan bahwa iklan tersebut memiliki deskripsi dan kontak informasi yang sesuai dengan yang anda lihat sebelumnya.
  • Cari tahu harga rata-rata yang dipasarkan. Jika anda menemukan apartemen dengan harga yang jauh lebih rendah dari apartemen dengan spesifikasi yang mirip, ada kemungkinan itu penipuan. Pastikan untuk mengunjungi alamat apartemen sebelum melakukan pembayaran.
  • Pastikan kepemilikan apartemen. Anda dapat bertanya pada manajemen apartemen mengenai unit yang anda sewa apakah itu disewa dari pemilik atau dari penyewa yang lain. 
  • Menyewa melalui perusahaan pengelola properti terpercaya. Apabila anda dari luar kota atau belum memiliki pengalaman menyewa apartemen sebelumnya, anda dapat menyewa apartemen melalui perusahaan properti yang sudah banyak dikenal orang. Perusahaan pengelola properti memiliki agen yang terpercaya dan memiliki prosedur standar dan pastinya dapat membantu anda terhindar dari penipuan. 
  • Penipuan dengan metode pembayaran tunai atau transfer rekening sering dipakai karena sulit untuk dilacak. Lakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau bila mungkin menggunakan cek.  Penipu biasanya beralasan bahwa sedang berada di luar kota dan meminta calon penyewa melakukan pembayaran transfer, dan kunci unit apartemen akan dikirimkan melalui paket.

 

Jika Anda mencurigai adanya modus penipuan, harap hubungi pemilik situs dimana anda melihat iklan tersebut agar bisa dilakukan penyelidikan dan menghindari korban lain yang lebih banyak.

Demikian tips menghindari penipuan sewa apartemen yang harus diperhatikan bagi calon penyewa. Anda dapat mencari apartemen dengan kredibilitas yang jelas dan mudah hanya di Kondoku.